Cara Menaikkan Trombosit

Trombosit adalah merupakan bagian darah yang berperan dalam proses pembekuan darah, bentuk trombosit tidak beraturan, tidak memiliki inti sel, serta berukuran kecil.

Fungsi trombosit yaitu membekukan darah sehingga tidak banyak darah yang terbuang percuma saat terjadi pendarahan. University of munich mengungkapkan bahwa trombosit juga berfungsi untuk mendorong respon daya tahan tubuh. Dengan kata lain, trombosit juga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Penyebab Trombosit Turun

Selain demam berdarah, ada beberapa penyakit lain yang ditandai oleh penurunan kadar trombosit. Apa sajakah itu?

Pada mulanya, Desi (empat tahun) memang menderita demam. Ketika diperiksa lebih jauh, ternyata kadar trombosit turun sampai 30 ribu/mm3. Dokter pun mendiagnosis Desi mengidap demam berdarah. Setelah delapan hari, suhu tubuh yang tadinya mencapai 39 derajat Celsius berangsur turun. Heni (30 tahun), sang ibu, tentu saja lega.

Tapi ia mendeteksi keanehan. Pasalnya, pemeriksaan ulang menunjukkan, trombosit turun terus, hingga tinggal 9.000/mm3. ”Saya sampai kaget, karena tidak demam lagi, saya pikir dia sudah sembuh dari demam berdarah (DB),” kata Heni. Ternyata rendahnya kadar trombosit dalam darah Desi memang bukan karena DB. Tapi karena tubuh menghasilkan antibodi yang menyerang trombosit. ”Ternyata anak saya menderita ITP (Immunologic Thrombocytopenia Purpura), bukan Deman Berdarah” jelas Heni.

Penurunan trombosit hingga di bawah batas normal memang kerap diidentikkan dengan demam berdarah, khususnya di kalangan awam. Padahal tidak selamanya demikian. Dalam keadaan normal, trombosit dalam darah mencapai 150 ribu-450 ribu/mm3. Dalam keadaan tidak normal, trombosit yang berperan dalam pembekuan darah ini bisa turun. Keadaan ini disebut dengan trombositopenia, yakni trombosit berada dalam keadaan rendah. Demam berdarah hanyalah salah satu penyakit yang ditandai oleh kadar trombosit turun.

Menurut Prof dr Zubairi Djoerban SpPD KHOM, ahli hematologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)/RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), trombosit rendah bisa disebabkan oleh bermacam hal. Tapi secara garis besar, penyebab trombosit turun karena dua hal yaitu kerusakan trombosit di peredaran darah, atau kurangnya produksi trombosit di sumsum tulang.

Kerusakan trombosit

Demam berdarah merupakan jenis kerusakan trombosit yang populer di masyarakat. Menurut kepala divisi Hematologi-Onkologi Medik Bagian Penyakit Dalam FKUI/RSCM ini, penyebab kerusakan trombosit dalam DB adalah infeksi.

Selain demam berdarah, infeksi yang juga menjadi penyebab trombosit turun adalah tifus. Kerusakan trombosit juga bisa terjadi pada penyakit ITP (Immunologic Thrombocytopenia Purpura). Ini merupakan penyakit auto-imun di mana zat anti yang dibentuk tubuh malah menyerang trombosit. ”Melalui mekanisme imunologi tadi, trombosit menjadi berkurang,” jelas Zubairi. Pada ITP, gejalanya bisa berupa bercak-bercak perdarahan di kulit. Sementara pada DB, penderita mengalami demam dan penurunan trombosit tapi berangsur normal dalam delapan hari. ”Jika (trombosit rendah) lebih dari delapan hari, kita harus pikirkan kemungkinan yang lain. Salah satunya adalah ITP,” jelas hematolog yang juga dikenal sebagai salah satu dari sedikit pakar AIDS di Indonesia ini. Penurunan kadar trombosit juga bisa ditemui dalam kasus DIC (Disseminated Intravascular Coagulation). Biasanya, ini terjadi pada pasien dengan penyakit berat. ”Seperti pasien dengan sirosis hati, shock, infeksi kuman apapun dalam darah yang berat sekali, serta penyakit lupus,” lanjutnya.

Trombosit turun bisa juga dikarenakan produksi yang kurang. Penyakitnya bisa berupa anemia aplastik. Anemia aplastik terjadi jika sel yang memproduksi butir darah merah yang terletak di sumsum tulang, tidak dapat menjalankan tugasnya. ”Pada anemia aplastik, trombosit yang rendah juga disertai leukosit yang rendah sehingga sumsum tulangnya kosong,” jelas Zubairi. Selain anemia aplastik, trombosit yang rendah juga kerap ditemui pada penderita penyakit leukemia. Sering juga ditemui pada penderita penyakit mielofibrosis.

Cara Menaikkan Trombositmenaikkan trombosit

Cara Menaikkan trombosit dengan cepat dengan mengkonsumsi Susu Power Mix 2 x ½ sachet per hari.  Susu Kolostrum Power Mix mengandung zat sitokin. Susu Kolostrum Power Mix terbukti efektif secara cepat menaikkan trombosit darah penderita trombositopenia melalui mekanisme peningkatan jumlah sitokin dalam tubuh. Didalam tubuh sitokin berperan meningkatkan kekenyalan pembuluh darah sekaligus mengaktifkan sistem pembekuan darah.

Penderita penyakit dengan kadar trombosit rendah juga mengalami penurunan daya tahan tubuh. Susu Kolostrum Power Mix Sun Hope juga kaya akan kandungan Immunoglobulin G (Ig-G) yang merupakan factor utama kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi Susu Power Mix akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh penderita. Selain itu susu power mix juga mampu mencegah infeksi yang diakibatkan bakteri, virus, alergi dan toksin.

Untuk mendapatkan Susu Kolostrum Power Mix Hubungi :

HP : 085257753337 / Pin BB 5D4AD592

Harga  Box Ekonomis :  Rp. 825.000 (isi 5 sachet)

Harga Box Besar : Rp. 2.362.000 (isi 15 sachet)

Sumber : http://ebookfkunsyiah.wordpress.com/2008/09/12/trombosit-turun-tak-selalu-demam-berdarah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *