Kenali Gejala dan Obat Batu Empedu

batu empeduBatu empedu adalah badan kristal terbentuk dalam tubuh dengan pertambahan komponen empedu yang normal atau abnormal. Batu  – batu, biasa terbentuk dalam kantung empedu (gallbladder) ataupun saluran – saluran intrahepatik. Batu empedu juga mungkin bergerak atau berpindah dalam empedu dengan ukuran yanga sangat bervariasi dan dapat sekecil butiran pasir. Berdasarkan isinya batu empedu terdiri dari batu kolesterol dan batu pigmen. Batu empedu yang paling umum adalah batu empedu kolesterol.

Penyebab Batu Empedu

Trigliserida darah yang meningkat merupakan salah satu faktor resiko terbentuknya batu empedu kolesterol.

Pembentukan batu empedu bisa terjadi bila empedu mengandung banyak kolesterol, bilirubin, atau kurangnya garam empedu.

Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena batu empedu karena kadar estrogen yang berlebihan akan menyebabkan kadar kolesterol yang lebih tinggi pada empedu.

Riwayat keluarga, obesitas, dan kondisi kesehatan tertentu bisa dikaitkan dengan batu empedu. Diet tinggi lemak dan diet rendah serat juga turut menjadi faktor terjadinya batu empedu.

Gejala Batu Empedu

Rasa nyeri di perut, di bawah rusuk yang menjalar ke punggung, tulang belikat, atau di bawah bahu kanan menjadi gejala khas dari batu empedu.

Seorang dengan batu empedu mungkin akan mengalami sakit parah dalam beberapa jam setelah mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi.

Beberapa gejala umum lainnya meliputi mual, muntah, perut kembung, gas usus, gangguan pencernaan, dan jaundice (kulit kuning).

Selain itu gejala mirip flu, seperti menggigil, keringat dingin, dan demam juga bisa terjadi yang disertai nyeri perut.

Tinja yang berwarna seperti dempul bisa menjadi salah satu indikasi batu empedu.

Diagnosis

Karena gejala-gejala batu empedu mirip dengan kondisi serius lainnya yang menyebabkan sakit perut, diagnosis yang tepat diperlukan untuk melakukan pengobatan dengan tepat.

USG atau prosedur pencitraan lain dapat membantu dokter untuk memeriksa fungsi kandung empedu dan saluran empedu apakah ada penyumbatan, infeksi, atau ruptur.

Pemeriksaan darah mungkin diperlukan untuk melihat adanya kemungkinan infeksi, sakit kuning (jaundice), atau pankreatitis.

Penanganan dan Pengobatan

Batu empedu sering menyebabkan gejala yang memerlukan operasi pengangkatan kandung empedu.

Penanganan non bedah juga tersedia sebagai pilihan bagi individu yang tidak memenuhi kriteria untuk dilakukan prosedur operasi karena kondisi kesehatan tertentu.

Terapi oral (oral dissolution therapy) dengan obat batu empedu digunakan untuk melarutkan batu empedu yang berukuran kecil.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sedikitnya 2g omega 3 per hari menurunkan trigliserida pada pasien hypertrigliseridemia.

Sebagai obat batu empedu, konsumsi Sun Hope Deep Sea, Sun Hope SOD, dan Enzymes untuk membantu menguraikan lemak dalam darah. Hindari makan makanan berlemak agar mengurangi serangan rasa sakit pada kandung empedu. Menjaga berat badan dan kolesterol merupakan salah satu cara untuk mengurangi resiko terkena batu empedu. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *